Analisis Use Case Sistem Informasi

Use Case kali ini membahas tentang kasus dimana Institut Teknologi Sepuluh Nopember memiliki sistem masuk portal atau gerbang yang unik. Setiap kendaraan yang masuk harus melalui portal yang mengeluarkan karcis seperti parkir, karcis ini harus disimpan oleh setiap pengendara. Karcis itu nantinya digunakan untuk keluar dari ITS dengan cara menunjukkan karcis dan stnk (data karcis akan masuk kedalam sistem untuk mencatat jenis kendaraan dan waktu keluar dan masuk kendaraan dari ITS). Untuk mahasiswa juga dapat masuk portal tanpa karcis melainkan menggunakan KTM (kartu tanda mahasiswa) dengan cara menempelkannya ke tempat scan, begitu pula untuk keluar dari ITS nya.

Tabel Use Case:

Nama Use Case: Masuk dan Keluar Portal ITS

ID: UC-1

Priority: High

Aktor: Pengendara, Petugas Keamanan, Karcis / STNK

Deskripsi:

Sistem portal ITS digunakan untuk memasukkan kendaraan dan pengguna (mahasiswa/staf/umum) ke kampus ITS dengan menggunakan karcis atau KTM. Setiap pengendara harus mendapatkan karcis atau menempelkan KTM pada tempat scan untuk memasuki kampus dan juga harus menunjukkan karcis atau KTM saat keluar dari kampus. Sistem portal ITS juga mencatat jenis kendaraan dan waktu masuk dan keluar dari kampus.

Pemicu: Pengendara atau pengguna ingin masuk ke atau keluar dari kampus ITS.

Tipe: Eksternal

Prasyarat:

  • Pengendara atau pengguna memiliki kendaraan ber STNK resmi.
  • Portal ITS beroperasi dengan baik.

Langkah Normal:

  1. Pengendara atau pengguna yang ingin memasuki kampus ITS harus menekan tombol karcis atau menempelkan KTM pada tempat scan.
  2. Pengendara atau pengguna memberikan karcis atau KTM pada tempat scan saat keluar dari kampus.
  3. Jika menggunakan karcis, petugas keamanan akan memeriksa karcis untuk memastikan bahwa jenis kendaraan yang tercatat sesuai dan memberikan karcis kepada pengendara atau pengguna. Jika menggunakan KTM, petugas keamanan akan memeriksa kartu identitas dan memastikan bahwa pengguna terdaftar sebagai mahasiswa atau staf ITS.
  4. Sistem mencatat jenis kendaraan, waktu masuk dan keluar, serta apakah pengguna terdaftar sebagai elemen ITS atau umum.

Poskondisi:

  1. Data masuk dan keluar kendaraan atau pengguna disimpan dalam sistem portal ITS.
  2. Karcis disimpan oleh pengendara atau pengguna.
  3. Pengguna dapat keluar dari kampus ITS.

Pengecualian:

  1. Jika pengendara atau pengguna tidak memiliki karcis atau KTM, atau karcis tidak sesuai dengan jenis kendaraan, atau KTM tidak terdaftar sebagai mahasiswa atau staf ITS, petugas keamanan akan meminta pengendara atau pengguna untuk membayar biaya masuk ke kampus ITS.
  2. Jika ada kerusakan pada sistem portal ITS atau tempat scan, pengendara atau pengguna harus menunjukkan identitas mereka dan mencatat waktu masuk dan keluar dengan catatan tangan oleh petugas keamanan.

Diagram Use Case:



Komentar

Postingan Populer